Perjalanan Membatik Bersama Ibu-Ibu Kedubes di Vietnam

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Hanoi mengadakan gelaran sebagai bentuk promosi budaya Indonesia kepada para istri dan suami Duta Besar di Hanoi, Vietnam (30/6/2023).


Pada pagelaran ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah pertemuan Spouses of Head of Mission (SHOM), di KBRI Hanoi.


Pagelaran promosi budaya yang diselenggarakan ini turut menghadirkan Ratna Handayani, pembatik ternama, pemilik galeri Handayani Geulis Bogor sekaligus menjadi pembicara dalam workshop ini.


Kegiatan ini juga menjadi salah satu media untuk memperkenalkan kain khas Indonesia. Batik menjadi topik pilihan dalam kegiatan promosi ini, karena batik bukan saja sekedar menjadi warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan, namun menjadi identitas bangsa.


Pada kesempatan itu, Ratna Handayani menunjukan pada istri dan suami Duta Besar cara mencanting dan sensasi membatik pada selembar kain batik dengan motif Parang. Tak hanya itu, para tamu undangan juga diberikan demonstrasi sejumlah cara kreatif dalam memodifikasi kain batik menjadi model pakaian trendy yang bisa dipakai dalam acara formal maupun non formal dengan cara yang lebih fashionable.

Kegiatan ini berhasil menarik antusias yang tinggi dari para tamu undangan yanng hadir. Hal ini tentu saja menambah rasa bangga dalam memperkenalkan batik Indonesia di kancah internasional.


Pada kegiatan ini juga, pihak KBRI menyiapkan beragam makanan kuliner khas Indonesia seperti bakso dan sate agar bisa dinikmati oleh para tamu.