Kolaborasi Forum UMKM Kabupaten Bogor, BKI, dan Handayani Geulis

Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bogor, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Hasan Haikal Thalib, S.E., M.M., menjalin kerjasama dengan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) untuk menggelar pelatihan membatik bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor. Pelatihan ini berlangsung di Hotel Rizen Cisarua Bogor, Senin hingga Kamis (30/01/23 - 03/02/23).

 

 

BKI adalah badan klasifikasi nasional yang telah ditunjuk oleh Pemerintah RI untuk melakukan klasifikasi kapal berbendera Indonesia dan kapal asing yang beroperasi di wilayah NKRI. Selain itu, BKI juga aktif dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN (Program TJSL BUMN) yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan.

Acara pelatihan yang prestisius ini dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka, termasuk Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat, serta Ketua Umum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib. Hadir juga pengusaha Batik Bogor "Handayani Geulis" Ibu Ratna Handayani, yang memainkan peran kunci dalam program ini sebagai sebagai narasumber dan tenaga ahli yang akan menjadi pengajar kepada calon perajin UMKM dari Kabupaten Bogor.  

Perwakilan PT BKI, Misbahudin Aidy, tim dari TJSL BUMN, serta sekitar 50 peserta dan pengurus/pelaku UMKM Kabupaten Bogor turut serta dalam pelatihan ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Asep Mulyana, sangat mengapresiasi pelatihan membatik yang berharga ini, yang mungkin terwujud berkat kerja sama Forum UMKM Kabupaten Bogor dengan BKI melalui program TJSL mereka.

Hasan Haikal Thalib dari Forum UMKM Kabupaten Bogor juga mengucapkan terima kasih kepada BKI melalui TJSL dan Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bogor atas dukungan mereka.

Program pelatihan ini adalah kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya antara Forum UMKM Kabupaten Bogor, BKI, dan ID Survey, yang telah memberikan pelatihan seputar perizinan dan legalitas. Kolaborasi ini bertujuan memberikan manfaat kepada pelaku UMKM di Kabupaten Bogor, sambil mendukung pelestarian budaya batik.