Handayani Geulis Batik Bogor Memukau dalam Perca Fest 2023: Karya Kolase dari Bahan Daur Ulang Mendominasi Catwalk

Pada Minggu (25/6/2023), acara Perca Fest 2023 di Kampung Sindangsari menyaksikan penampilan mengesankan dari peragawati dadakan yang memikat hati penonton dengan busana bermotif perca, hasil karya para ibu Kampung Perca.

Para peragawati dadakan tersebut mengenakan lima desain berbahan perca dari Handayani Geulis Batik Bogor, dalam kolaborasi dengan Kampung Perca. Mereka adalah mahasiswa dari London School of Public Relation (LSPR) yang berperan sebagai model dalam Fashion Shock Entertainment.

 

 

Mereka memukau penonton saat memperagakan rancangan mode berjudul "KOLASE" dari Handayani Geulis Batik Bogor. Rancangan ini mengangkat tema daur ulang dari sisa-sisa bahan Batik Bogor yang diubah menjadi obi-belt, outerwear, totebag, jaket bomber, dan rompi. "KOLASE" membuktikan bahwa bahan sisa dapat diubah menjadi produk fashion dengan nilai jual tinggi, sekaligus memberikan dorongan ekonomi bagi warga Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Turut hadir dalam Perca Fest 2023 adalah Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, yang mengungkapkan kagumnya terhadap keberanian para ibu yang menjadi model dadakan.

Handayani Geulis Batik Bogor menciptakan koleksi batik Bogor dari bahan daur ulang dengan tujuan meningkatkan nilai jual produk yang berbahan produk daur ulang dan untuk menggerakkan roda perekonomian Kampung Perca Sindangsari dan juga tidak lepas dari keinginan para ibu Kampung Perca Sindangsari untuk berkarya.

Georgian Marcello selaku owner Handayani Geulis Batik Bogor juga berharap agar Perca Fest dilaksanakan rutin setiap tahun, bahkan lebih ditingkatkan lagi dengan lokasi yang lebih luas, seperti di Bogor Creative Center, Alun-alun Kota Bogor atau Mall Botani sehingga lebih eksklusif.

"Potensi Kota Bogor yang luar biasa ditambah keinginan berkarya dari para ibu Kampung Perca sangat memungkinkan kalau Perca Fest digelar dengan cakupan yang lebih luas," kata Georgian Marcello.