Workshop Membatik di masa Pandemi bersama BIPA Kemendikbud

Sri Ratna Handayani memaparkan Batik Bogor

Pada Sabtu, 10 April 2021 kemarin, Handayani Geulis Batik Bogor mendapatkan kunjungan 40 calon tenaga pengajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) angkatan IX/2020. Kunjungan ini dibagi menjadi dua untuk memenuhi protokol kesehatan.

Kegiatan dimulai dari protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh. Lalu Ibu Ratna Handayani selaku owner mulai memaparkan materi tentang sejarah batik nusantara dan batik bogor.

proses pewarnaan

Setelah pemaparan materi, peserta mulai praktek membatik pada kain. Proses yang pertama adalah batik tulis. Bagian ini berlangsung hingga satu jam, tergantung kreasi dari peserta. Berlanjut pada batik cap, proses ini berlangsung cepat, karena peserta hanya memilih motif yang ingin di capkan menggunakan canting cap. Proses terakhir adalah mewarna, lalu perebusan kain dan dijemur. Setelah selesai, peserta dapat menyantap cemilan khas Bogor serta minuman dari Kopi Sani.

Testimoni dari peserta antara lain merasa proses membatik ini menarik karena batik tulis yang cenderung sulit dan menantang, dan batik cap yang terlampau mudah dan cepat. Peserta lain juga merasa senang karena membatik merupakan pengalaman baru yang menantang.

Masa pandemi ini mendorong manusia untuk terus beradaptasi terhadap keadaan. Maka, workshop membatik dapat tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Untuk membatik bersama kami, silakan kontak kami via Whatsapp di nomor 0812 95116274 atau pranala berikut wa.me/6281295116274