Ulfa dan Angga dibalut Batik Bogor, Mojang Jajaka Jawa Barat perwakilan Kota Bogor

Pasanggiri Mojang Jajaka merupakan sebuah perhelatan eksklusif untuk menciptakan generasi muda unggulan yang dapat berperan aktif sebagai role model bagi kehidupan bermasyarakat dalam sektor pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif. Setiap tahunnya kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat mengirimkan putra/i terbaiknya untuk bersaing dalam kegiatan Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat. 

Bukan hanya harus berpenampilan menarik, tetapi Mojang Jajaka harus memiliki wawasan yang luas mulai dari pengetahuan umum, pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif di Kota Bogor. Bahkan, kemampuan penguasaan bahasa asing serta jiwa kepemimpinan menjadi nilai tambah tersendiri lho!

Event Kreatif Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat tahun ini mengangkat tema Motekar yang menggambarkan Mojang dan Jajaka kreatif, gigih dan banyak akal. Motekar dibuat untuk mereka yang selalu ingin berkarya, bermimpi, bekerja keras, berjuang, dan bertahan menaklukan hidup. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi Masagi. Ada empat aspek yang dinilai meliputi Pengkuh Agamana, Luhung Elmuna, Jembar Budayana, dan Rancage Gawena.

Dengan bangga Kota Bogor mengirimkan satu pasang Mojang dan Jajaka terbaik dan  citra positif dari Kota Bogor untuk mengikuti Event Kreatif Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2021.

Ulfa Batik Handayani

Siti Ulfa Atamimi, mojang kelahiran Makassar, 27 September 1999 ini memiliki hobi modelling sejak SMA karena ketertarikannya terhadap dunia fashion. Sebagai mahasiswi Agronomi dan Holtikultura, Teh Ulfa senang mempelajari budidaya pertanian yang menurutnya banyak sekali manfaat yang dapat dikembangkan terutama di bidang pangan. Dengan demikian, Teh Ulfa pun memiliki cita-cita ingin memiliki kebun sendiri dan menjadi entrepreneur di bidang pertanian.

Dalam sesi foto bersama Handayani Geulis Batik Bogor, Teh Ulfa tampil cantik mengenakan kain batik Bogor motif Tilu Sauyunan yang bermakna Bogor sebagai kota yang populer dan ramah serta masyarakatnya kuat. “Kain ini sangat mewakili karakterku sebagai seorang model dan Mojang Kota Bogor,” ujar Ulfa.  Sesi foto diadakan di workshop batik cap milik Handayani Geulis Batik Bogor.

ulfa batik handayani

Dalam video unjuk bakatnya, mahasiswi IPB ini menampilkan pembuatan produk ekonomi kreatif berupa ecobag atau tas belanja ramah lingkungan berbahan dasar jerami. Hal ini terinspirasi dari latar belakang bidang yang Teh Ulfa geluti.

Berikut ini videonya

 

Angga Sopyan, Jajaka Berbakat kelahiran Bogor 06 April 2000, memiliki keahlian di bidang seni tarik suara sejak kecil. Sebagai mahasiswa Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta, Kang Angga memiliki segudang prestasi yang membuat dirinya ingin menjadi seorang musisi sekaligus ingin menyalurkan ilmunya kepada generasi selanjutnya dalam dunia musik. Ia mengenakan T-shirt BatikMuda, salah satu produk kaos batik Bogor yang dirilis oleh Handayani Geulis Batik Bogor. T-shirt yang digunakan bermotif Batik Bogor Kijang Papasangan yang bermakna harmoni kehidupan di Bogor. Ketua BEM Pendidikan Musik ini merasa makna motif Batik Bogor sangat mencerminkan pengalaman kehidupan yang dijalaninya semasa kecil. Sesi pemotretan dilaksanakan di kawasan BCC (Bogor Creative Center), gedung pusat kreatif Bogor yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada tanggal 25 Mei 2021 lalu.

angga batik handayani

 

Dalam video ujuk bakatnya, Kang Angga membuat sebuah jingle untuk Kampung Labirin, sebuah kampung tematik yang terletak di tengah-tengah Kota Bogor. Dari jingle tersebut, harapannya dapat memajukan nama Kampung Labirin serta nama Kota Bogor ke tingkat nasional. 

 

Handayani Geulis Batik Bogor sudah mendukung Mojang dan Jajaka Kota Bogor sejak tahun 2014. Hal ini dilakukan karena Handayani Geulis percaya, Mojang dan Jajaka adalah jembatan untuk melestarikan batik kepada generasi muda saat ini.

 

Penulis : Shabrina Ghea

Editor : Georgian Marcello

Narasumber : Angga Sopyan, Rizka Nur Handayani, Siti Ulfa Atamimi

 

 

berikut lirik jingle Kampung Labirin

 

Halo kawan semua

Mari kita berwisata

Ke kampung penuh cerita

Penuh pesona

 

Banyak aksi budaya

Tari hingga menyanyi

Modern dan tradisi

Menyatu dalam seni

 

Reff :

Kampung labirin

Kampung penuh pesona

Kampung labirin

Kampung ragam budaya

 

Wisata penuh warna

Penuh canda dan tawa

 

Yuk ke kampung labirin

Yuk ke kampung labirin

Yuk ke kampung labirin